Tuesday, February 9, 2016

Perkembangan Search Engine atau Internet Directory


Dalam kehidupan keseharian kita, kerapkali kita menghadapi situasi dimana Internet menjadi suatu hal yang sangat esensial. Salah satu kebutuhan yang paling dominan dalam penggunaan Internet sudah tentu sebagai pencari informasi. Bagi banyak orang, penggunaan search engine telah menjadi sebuah rutinitas.

Apa itu search engine?

Search engine adalah situs khusus di Internet yang berfungsi untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain. Meskipun cara kerja setiap search engine berbeda-beda, namun pada dasarnya terdapat tiga hal utama yang dilakukan oleh setiap search engine yaitu : 
1) Web crawling
2) Indexing
3) Searching
 
Tapi, bagaimanakah search engine terbentuk?

1990 - The Archie Search Engine 
Sejarah awal Search Engine diawali dengan penemuan Archie, program pertama yang digunakan sebagai mesin pencari di Internet. Program tersebut mengunduh berbagai daftar direktori dari File Transfer Protocol (FTP) umum yang bersifat anonim. Berdasarkan file-file tersebut, mereka menciptakan suatu database dari nama-nama file yang dapat di-search. Namun begitu, Archie tidak bisa mengindeks isi dari situs tersebut karena jumlah data yang terbatas sehingga dapat dicari secara manual.

1991 - The Veronica Search Engine dan The Jughead Search Engine

Apabila Archie mengindeks file komputer, “Gopher” mengindeks dokumen teks biasa. Gopher dibentuk pada tahun 1991 oleh Mark McCahill dari University of Minnessota. Nama Gopher sendiri berasal dari nama maskot universitas tersebut. Program gopher berbentuk text files sehingga kebanyakan situs Gopher berubah menjadi Web site setelah terciptanya World Wide Web. 
Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) merupakan mesin pencari yang mampu mencari file yang disimpan pada sistem indeks Gopher. Veronica menyediakan keyword bagi menu judul situs Gopher. Sementara Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display) adalah sebuah alat untuk memperoleh menu informasi dari berbagai server Gopher.

June 1993 – First Web Robot (World Wide Web Wanderer)

Pada tahun 1993, diciptakan suatu program yang dianggap sebagai robot pertama di dunia yang dinamakan World Wide Web Wanderer. Pada awalnya, ia digunakan untuk menghitung server Web untuk mengukur ukuran Web tersebut. Kemudian, ia digunakan untuk mendapatkan URL, membentuk database situs Web pertama di dunia dengan sebutan Wandex.


September 1993 – W3Catalog

Mesin pencari pertama di dunia adalah W3Catalog yang ditulis oleh Oscar Nierstrasz dari University of Geneva. Program ini tidak semata-mata bergantung pada indeks namun langsung terhadap daftar-daftar situs web yang telah ada. Salah satu kekurangan paling utamanya adalah ia perlu mengakses setiap halaman beratus-ratus kali per hari, sehingga menyebabkan penurunan tingkat performance nya.


Oktober 1993 – Aliweb

Aliweb (Archie-Like Indexing of the Web), perbedaannya dengan W3Catalog adalah ia tidak menggunakan robot web tetapi sebaliknya ia bergantung kepada pemberitahuan administrator situs web akan kewujudan setiap situs pada file indeks dalam suatu format tertentu. Tanpa penggunaan bot, maka penggunaan bandwith juga lebih sedikit, namun kebanyakan administrator situs web tidak menyadari pentingnya meng-input data mereka.


Berikut adalah perkembangan terawal dari search engine yang kini terus berkembang tanpa batas. Banyak search engine baru bermunculan, salah satunya yang paling populer sudah tentu adalah Google. Semakin banyak fitur-fitur baru yang dapat dilakukan oleh Google dan terus dikembangkan. Bukan hanya mencari informasi, namun sebagai kalkulator, peta, dan berbagai hal yang tidak pernah bisa terbayangkan sebelumnya. Inovasi ini termasuk pesat mengingat search engine yang pertama baru diciptakan 20 tahun yang lalu. Perkembangan search engine secara singkat dapat dilihat dalam grafik di bawah.



Referensi :
Hendroyono, Toni. 2010. Trip Searcing Efektif di Internet. Yogyakarta. Penerbit Andi. 
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_search_engine
https://en.wikipedia.org/wiki/Timeline_of_web_search_engines
https://en.wikipedia.org/wiki/Gopher_%28protocol%29
http://www.webreference.com/authoring/search_history/index.html

No comments:

Post a Comment

 
Back to Top